Kajian Sunnah Jabodetabek

Jadwal Kajian Sunnah area Jabodetabek

Quran adalah kitab suci umat Islam. Itu diturunkan pada Nabi Terakhir, Muhammad (Peace Be Upon Him) lebih dari 1400 tahun yang lalu. Belajar baca alquran Suci adalah kata otentik dari Allah dan telah mempertahankan bentuknya hingga saat ini. Allah Sendiri telah mengambil tanggung jawab menjaga buku ilahi aman dan terlindungi.

Surah e Al Hijr 15_9

“Sesungguhnya, Kami yang menurunkan Al-Qur’an dan memang, Kami akan menjadi walinya.” – [Al Hijr 15: 9]

Nabi Suci (SAW) menekankan pada membaca Quran setiap hari. Ini adalah bentuk tuntunan bagi semua umat manusia dan generasinya untuk datang sampai Hari Penghakiman. Quran berisi kata dari Allah. Ini berbagi semua informasi yang diperlukan untuk menjadi orang percaya sejati. Allah membahas masalah-masalah Dien, Dunya dan Akhirat dalam Al-Qur’an. Oleh karena itu, jika Anda memiliki pengetahuan dari Al-Quran, Anda tidak perlu merujuk ke buku lain untuk memecahkan masalah Anda.

belajar baca alquran

Hanya pembacaan satu alfabet dari Quran membawa pahala sama dengan 10 hasanah, kemudian bayangkan pahala bagi orang yang membaca dan mengingat seluruh Quran. A Hafiz-e-Quran menanggung dalam cahaya hatinya yang murni dan pikirannya selalu sibuk dengan merenungkan kata-kata Allah. Ini membuatnya benar-benar berlatih Muslim dan meningkatkan statusnya di mata Allah.

Seperti yang dikatakan oleh Nabi Suci Muhammad (saw):

“Barangsiapa menghafal Al Qur’an dan praktek pada apa yang sah dan menjauhkan diri dari apa yang dilarang, Allah akan memasuki dia ke Jannah dan menerima syafaat-nya atas nama sepuluh sanak saudara yang telah ditakdirkan untuk masuk neraka.” (Tirmidzi, Fadailu ‘ l-Quran, 13; Ibn Majah, Muqaddima, 17)

Menghafal bab-bab Al-Quran memiliki imbalan yang sangat tinggi bagi umat Islam. Setiap Muslim ingin menghafal Al-Quran dengan hati menjaga ucapan Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) dalam pandangan:

“Yang terbaik di antara kamu (Muslim) adalah mereka yang belajar Quran dan mengajarkannya (kepada orang lain).” [Sahih Muslim Book 9, Hadith 993]

Ada banyak kebajikan yang melekat pada penghafalan Al-Qur’an.

“Pada Hari Qiyaamah, mahkota kecemerlangan seperti itu akan ditempatkan di kepala orang tua dari orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mempraktekkan hukumnya, bahwa gemerlapnya akan lebih cemerlang dari sinar matahari yang menembus rumah-rumah Anda. Menurut Anda, bagaimana posisi orang yang belajar Al-Qur’an dan bertindak sesuai dengannya? ”(Ahmad dan Abu Dawood)

Tips Memorandum Quran

Menghafal Al-Qur’an adalah perjalanan spiritual dan fisik. Namun, itu membutuhkan ketulusan, konsistensi dan ketekunan dari seseorang untuk menjadi Hafiz-e-Quran. Ada cara berbeda yang diadopsi oleh Muslim untuk menghafal Quran. Untuk meningkatkan daya hafalan, metode yang berbeda diajarkan kepada siswa. Beberapa tips untuk membuat proses menghafal mudah dibagikan di sini:

Pilih Waktu Tertentu – Waktu adalah faktor yang sangat penting ketika menghafal Quran. Pilih waktu spesifik hari itu dan alokasikan untuk menghafal Quran. Anda harus dapat menentukan slot waktu ketika Anda paling produktif dan penuh perhatian. Waktu terbaik untuk menghafal adalah pagi hari, tepat setelah Anda bangun, yaitu Fajr. Pada saat itu, pikiran dan tubuh Anda segar dan reseptif. Pikiran menyimpan informasi baru dengan mudah karena bebas dari kelelahan hari itu. Juga ingat bahwa Anda harus meluangkan waktu untuk menghafal Al Qur’an daripada menunggu momen bebas untuk memulai menghafal. Jika Anda telah memutuskan untuk mulai menghafal, mulailah sekarang dan jangan tunda untuk hari lain!

belajar baca alquran

Konsisten dalam Usaha Anda – Ambil langkah kecil di awal. Kami semua sangat bersemangat di awal dan mengambil lebih dari yang dapat kami tangani yang akhirnya berakhir dengan kekecewaan ketika kami tidak melihat hasil yang diinginkan dan bahkan beberapa orang berhenti dengan proses pembelajaran. Daripada itu, mulailah pelan. Konsistensi lebih penting daripada jumlah yang Anda hafalkan. Pastikan Anda menghafal beberapa baris dari Al-Quran setiap hari. Daripada mengambil pelajaran besar di akhir minggu, cobalah rubaiyat untuk mengingat beberapa kata-kata setiap hari. Menciptakan kebiasaan menghafal beberapa ayat setiap hari akan membantu Anda nantinya untuk mengingat seluruh Al-Qur’an serta menghafalkan ayat-ayat yang lebih panjang.

Ikuti Teknik untuk Menghafal Al-Quran – Ketika Anda mulai menghafal Al Qur’an, Anda harus mengikuti dan merencanakan sesuai dengan cara yang sistematis. Orang yang berbeda memiliki metode yang berbeda untuk dihafalkan. Anda dapat memulai proses menghafal dengan 3 ayat sehari dan beralih ke lebih banyak ayat. Baca ayat yang ingin Anda hafal 10 hingga 15 kali. Setelah Anda membacanya dengan melihatnya di kertas / layar, sekarang cobalah untuk membacanya tanpa melihat. Dengan cara ini Anda akan mengembangkan teknik untuk menghafal Quran. Terkadang, menulis ayat juga membantu dalam mengingatnya dengan hati. Setelah Anda menghafal satu ayat, lanjutkan ke ayat berikutnya dan ulangi metode yang sama. Di akhir pelajaran, ulangi ketiga kata bersama. Anda akan memiliki lebih banyak ayat untuk direvisi setiap hari sebelum Anda mulai dengan menghafal ayat-ayat baru.

Tip lain tentang tip menghafal adalah mulai dari bab-bab Alquran terakhir. Karena Sura di akhir Al Quran pendek dan umumnya dibacakan di kalangan umat Islam, itu memberi kesempatan lebih besar untuk mengingat ayat-ayat dengan mudah. Hal ini membantu dan mendorong proses pembelajaran.

Ulangi Apa yang Anda Hafalkan – Pengulangan adalah kunci untuk menghafal. Ini membantu Anda mengingat apa yang Anda pelajari sehari sebelumnya dan juga membantu otak Anda membentuk sel-sel baru untuk meningkatkan kapasitas belajar dan menghafal. Jadi sebelum Anda memulai dengan menghafal ayat-ayat baru, ulangi kata-kata yang Anda pelajari sebelumnya. Ini akan membantu Anda dalam menghubungkan ayat-ayat juga. Juga, ulangi kata-kata yang dihafal setiap kali Anda menemukan diri Anda bebas. Membaca ayat-ayat yang dihafal sambil mengucapkan doa (Namaz) juga akan membantu Anda mengingatnya dengan benar. Pengulangan juga melayani tujuan koreksi. Jadi jika Anda melupakan sesuatu atau tidak dapat membaca Ayat dengan benar, Anda akan menangkap kesalahan Anda tepat waktu untuk memperbaikinya.

belajar baca alquran

Pahami Apa yang Anda Inginkan – Anda harus mencoba memahami ayat-ayat yang Anda hafalkan. Ini membantu dalam proses menghafal. Jika bahasa Arab bukan bahasa pertama Anda, simpan salinan Quran yang telah diterjemahkan dengan Anda saat menghafal. Ini akan menambah pengetahuan Anda tentang Al-Quran dan juga meningkatkan pahala. Maha Kuasa berkata:

belajar membaca alquran itu mudah

“Dan Kami memang telah membuat Al Qur’an mudah dimengerti dan diingat: lalu adakah yang akan menerima peringatan?” [Al-Qamar 54:17]

Dengarkan Pembacaan Al-Quran – Mendengarkan pembacaan Quran yang berbeda juga membantu dalam menghafal ayat-ayat. Jika Anda berulang kali mendengarkan kata-kata yang sama, itu akan terukir dalam pikiran Anda dan Anda akan mengingatnya dengan mudah. Pilih audio dari pengajian Quran oleh Qari yang sesuai dengan pendengaran Anda dan mudah dimengerti oleh Anda. Dengarkan selama siang hari atau sebelum tidur. Dengan cara ini, Anda akan dibiasakan dengan ayat-ayat dan itu akan meningkatkan kemampuan Anda untuk menghafal Quran.

Ambil Panduan – Jika Anda merasa sulit menghafal Al-Quran sendiri, Anda dapat mengambil bimbingan seorang guru profesional dari Qurantutor.com. Seorang guru Quran profesional akan membantu Anda dengan teknik menghafal. Dia akan ada di sana untuk mendengarkan pelajaran yang Anda hafalkan dan memilih kesalahan. Juga, ketika Anda memilih tutor, mudah bagi Anda untuk mengalokasikan waktu tertentu karena Anda terikat dengan tutor. Seorang pengajar Al-Qur’an yang baik membantu Anda mencapai tujuan menghafal Anda dengan dorongan dan bimbingan terus-menerus.

belajar baca alquran

Pilih metode apa pun yang cocok untuk Anda tetapi jangan tunda penghafalan. Quran memang teman baik Momin. Seperti Nabi (saw) berkata,

“Baca Al-Quran, itu akan menjadi perantara para sahabatnya pada Hari Kebangkitan” [Sahih Muslim Book 9, Hadith 991]

Semoga Allah membantu semua orang yang berusaha menghafal dan memahami Al-Qur’an. (Ameen)